Selasa, 14 Juni 2011

CARA MENGEMBALIKAN DATA YANG TERHAPUS/HILANG DARI LAPTOP,NOTEBOOK,COMPUTER,FLASHDISK,MEMORY CARD,DLL...

Mungkin anda pernah mengalami, data penting anda hilang dari komputer. Hal tersebut dikarenakan anda secara tidak sengaja menghapusnya, memang sengaja dihapus oleh orang yang tidak bertanggung jawab atau mungkin karena data anda di hardisk terformat secara tidak sengaja.
Software Gratis Untuk Me Recovery File dan Data Yang Terhapus Image
Untuk mengembalikan data tersebut, anda bisa meminta bantuan kepada orang yang ahli dibidang computer untuk mengembalikan file-file yang terhapus. Atau, jika ingin melakukannya sendiri, anda bisa menggunakan software recovery yang tersedia di internet dan menginstallnya di desktop PC atau notebook.
Beberapa software gratis yang bisa mengembalikan file dan data yang terhapus yaitu :
  • Recuva – Undelete, Unerase, File and Disk Recovery
    Recuva merupakan software gratis yang dibuat oleh PiriForm, pengembang software yang terkenal dengan aplikasi gratis untuk membersihkan file-file sampah pada komputer. Beberapa hal yang bisa anda lakukan dengan software ini yaitu, mengembalikan data yang hilang karena terhapus atau terformat. Dan seperti CCleaner, software ini bisa anda download dengan gratis.
    Software Gratis Untuk Me Recovery File dan Data Yang Terhapus Image
  • Pandora Recovery
    Pandora recovery merupakan software lama yang kaya dengan fitur dan merupakan salah satu aplikasi gratis populer. Anda bisa mengembalikan file berdasarkan hasil pencarian, dan tentunya pencarian tersebut bisa disesuaikan berdasarkan nama file, ukuran file, tanggal pembuatan, tanggal terakhir diakses dan masih banyak pilihan lagi.
    Software Gratis Untuk Me Recovery File dan Data Yang Terhapus Image
  • PCInspector Recovery File
    Software ini ditujukan untuk pengguna yang terbiasa dan mengerti teknis mengembalikan file yang hilang dari komputer. Seorang teknisi IT akan lebih senang menggunakan ini karena mereka bisa mencari sedetail mungkin file yang hilang pada cluster tertentu. Sangat bermanfaat jika ingin mengembalikan data pada sebuah hard disk yang boot sector dan file allocation table-nya sudah terhapus.
    Software Gratis Untuk Me Recovery File dan Data Yang Terhapus Image
  • Digger Disk
    Digger disk merupakan pemain baru dalam bidang pengembalian data dari sebuah hard disk. Namun, soal performa, software ini mempunyai kualitas yang sama baik dengan software lainnya. Lebih dari itu, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengembalikan data yang terhapus pada portable drive seperti flash disk, Micro SD card, MMC card dan banyak lagi. Cara kerja aplikasi ini juga berbeda dengan yang lain karena mengambil langsung data pada hardware (piringan hard disk) tanpa banyak campur tangan dari system sendiri.
  • TestDisk Open Source
    Software TestDisk merupakan software yang bersifat open source dan anda bisa turut serta dalam mengembangkannya. Karena sifatnya multi platform, anda bisa menggunakannya pada sistem operasi selain windows seperti pada linux dan variannya. Lebih jauh lagi, aplikasi kecil ini bisa digunakan untuk mengembalikan data pada hardsik yang telah terformat beberapa kali sekalipun.
    Software Gratis Untuk Me Recovery File dan Data Yang Terhapus Image
Jika suatu saat (meskipun hal ini tidak pernah diinginkan) data anda pada komputer hilang, anda bisa menggunakan software di atas untuk mengembalikannya. Jika perlu, gunakan semua software satu-persatu secara berurutan jika data tersebut benar-benar penting.
Memang benar, beberapa file mungkin tidak bisa kembali seperti semula karena struktur file sudah rusak tertimpa oleh file-file yang lain. Tetapi (hasil pengalaman kami), beberapa file masih utuh seperti saat file tersebut belum terhapus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar